TEORI PERILAKU KONSUMEN (Analisis Kurva Indifferent)

Monday, January 26th, 2015

winitha

Teori Perilaku Konsumen

Analisis Kurva Indifferent

 

Pendekatan kurva indeferens (ordinalutility) menggunakan pengukuran ordinal dalam menganalisis pilihan konsumen dan menurunkan fungsi permintaan. Pendekatan ordinal mengasumsikan bahwa konsumen mampu membuat urutan-urutan kombinasi barang yang akan dikonsumsi berdasarkan kepuasan yang akan diperolehnya tanpa harus menyebutkan secara absolut. Pendekatan ordinal digunakan dengan menggunakan analisis kurva indiferensi.

Kurva Indifferen

Kurva indifferent adalah kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi (a set of combination) dari sejumlah barang tertentu yang mrnghasilkan tingkat guna total sama kepada konsumen, atau dengan mana konsumen berada keadaan indifferen.

Sifat-sifat khusus kurva Indiffreren

  1. Berlereng/ slope negatif

Hal ini menunjukkan apabila dia ingin mengkonsumsi barang X lebih banyak maka harus mengorbankan konsumsi terhadap barang Y.

  1. Cembung ke titik Origin ( Convex )

Menurut hukum Gossen, apabila pada titik tertentu semakin banyak mengkonsumsi barang X akan mengakibatkan kehilangan atas barang X tidak begitu berarti dan sebaliknya atas barang Y.

  1. Tidak…

View original post 678 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: